Infeksi Saluran Kemih

Tuesday, January 1, 2013

Infeksi Saluran Kemih adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada saluran kemih, seperti terjadi pada ureter, bladder (kandung kemih), bahkan uretra (saluran kencing bagian luar) sehingga dapat menimbulkan infeksi disekitar saluran kemih. Namun seringkali infeksi ini terjadi di daerah bladder dan uretra.

Bakteri penyebab utama terjadinya infeksi pada saluran kemih pada pria maupun wanita adalah bakteri Escherichia coli atau disebut juga E-coli, yang sebetulnya banyak ditemukan pada tinja manusia dan dapat hidup dalam usus besar (kolon). Selain E-coli yang dapat menyebabkan infeksi yaitu mikroorganisme lain yang bernama Klamidia dan Mikoplasma namun mikroorganisme tersebut cenderung menyebabkan infeksi hanya di uretra dan sistem reproduksi saja. 

Biasanya wanita cenderung lebih sering terkena infeksi ini, karena jarak antara uretra dan kandung kemih lebih dekat dibandingkan dengan laki-laki. Bahkan jarak uretra dengan rektum sangat berdekatan sehingga lebih memungkinkan masuknya bakteri tersebut. Sedangkan pada pria jarak antara uretra dengan kandung kemih yaitu sekitar 12-15 Cm. 

Gejala yang mungkin muncul pada penyakit ini yaitu :
  1. Terasa nyeri pada saat atau setelah buang air kecil.
  2. Air seni tersendat-sendat pada saat buang air kecil.
  3. Warna air seni seperti air teh, kental bahkan dapat bercampur darah atau nanah.
  4. Nyeri pinggang.
  5. Demam dapat terjadi pada situasi ini karena adanya infeksi tersebut.

Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saluran Kemih
  • Perbanyaklah minum air putih.
  • Jika anda ingin buang air kecil segera usahakan, jangan terlalu lama dan sering menahannya.
  • Bersihkan daerah vital pada saat mau melakukan hubungan seksual.

1 comments:

Unknown said...

sungguh info yg sangat berguna sekali.... menambah wawasan kesehatan... thank's..

Post a Comment

 
 
 

About Me

Septian Nugraha - Author @ Tian's Blog.

Pekerjaan sehari-hari saya adalah sebagai Nurse di sebuah pelayanan Kesehatan, Rangkasbitung-Banten.

Selain Nurse aktivitas saya adalah Blogging, yang menjadi sebuah hobi saya sehingga saya bisa menuangkan karya tulis berupa artikel kesehatan, tips dan trik, kritik, saran, dan wacana serta bisa membuat saya berkomunikasi dengan para pakar Blogger dan seluruh pembaca pada umumnya secara luas dan tanpa batas. 

Tian's Blog adalah salah satu blog personal saya yang didirikan pada Agustus 2012 untuk menuangkan hasil belajar dan pengalaman, dalam Dunia Kesehatan, terutama Keperawatan. 



Beberapa blog/ website saya yang lain yang husus membahas tentang  Asuhan keperawatan, Diagnosa keperawatan dan Ilmu kebidanan yaitu :



Septian Nugraha
Tian's Blogspot
Nurse, Blogger, Copywriter,
Rangkasbitung-Banten, West Java
Indonesia.

Followers