Tanda - Tanda Kehamilan

Monday, December 31, 2012

Kehamilan
Tanda-Tanda pada Kehamilan, Kehamilan adalah proses terjadinya pembuahan dan perubahan fisik yang dialami oleh seorang wanita dewasa umumnya.

Kadang kala pasangan suami istri yang baru menikah atau wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual dengan pasangannya, tidak menyadari bahwa dirinya tengah mengalami kehamilan. Hal ini saya rasa tidak aneh lagi, karena biasanya pada minggu awal terjadinya kehamilan tidak begitu jelas tanda-tandanya, namun setelah haid terlambat dua minggu mereka mungkin baru mengira dirinya tengah hamil, untuk lebih jelasnya mari kita cari tahu apa saja tanda-tanda pada kehamilan.

Tanda - Tanda Kehamilan
  1. Terlambat datang bulan (Haid terlambat), jelas sudah terlambat datang bulan menandakan bahwa sel telur atau ovum telah dibuahi oleh sperma, maka dari itu wanita yang telah dibuahi tidak akan terjadi haid seperti biasanya. Namun terlambat datang bulan saja tidak cukup pasti bahwa wanita itu sedang hamil karena mungkin saja dia mengalami gangguan menstruasi.
  2. Mudah lelah, pada wanita yang aktif bergerak atau melakukan aktivitas tiba-tiba saja merasakan mudah lelah, hal ini diperkuat lagi dengan adanya tanda lain yaitu,
  3. Payudara menegang, 2 minggu setelah terjadinya pembuahan yang akan terjadi adalah perubahan fisik mulai dari payudara akan terasa meregang dan daerah areola sekitar puting susu akan melebar dan warnanya akan berubah menjadi gelap.
  4. Mual bahkan terjadi muntah, mual pada orang yang sedang hamil akan berbeda dengan mual biasa, orang bialang ngidam atau emesis, yang perlu diperhatikan adalah terjadinya muntah yang berlebihan dalam kata lain yaitu hiperemesis, karena muntah yang berlebihan akan mengakibatkan kekurangan cairan atau elektrolit pada tubuh. jika terjadi seperti ini segeralah konsultasikan pada dokter kandungan anda.
  5. Perubahan mood, pada awal kehamilan dapat terjadi perubahan mood, wanita yang sedang hamil akan terlihat cemas, gelisah dan hal lainnya yang berubah ubah. Yang terpenting pada masa ini jangan sampai terjadi depresi atau stres.
  6. Sering berkemih atau buang air kecil, hal ini terjadi karena adanya tekanan dari rahim pada kantung kemih.

Nah sekarang sudah jelaskan apa saja tanda - tanda pada awal kehamilan itu. Jika anda merasa terlambat datang bulan atau merasakan adanya tanda-tanda seperti diatas siapa tahu anda sedang mengalami kehamilan, namun untuk lebih jelasnya anda periksakan pada bidan atau dokter kandungan.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

Septian Nugraha - Author @ Tian's Blog.

Pekerjaan sehari-hari saya adalah sebagai Nurse di sebuah pelayanan Kesehatan, Rangkasbitung-Banten.

Selain Nurse aktivitas saya adalah Blogging, yang menjadi sebuah hobi saya sehingga saya bisa menuangkan karya tulis berupa artikel kesehatan, tips dan trik, kritik, saran, dan wacana serta bisa membuat saya berkomunikasi dengan para pakar Blogger dan seluruh pembaca pada umumnya secara luas dan tanpa batas. 

Tian's Blog adalah salah satu blog personal saya yang didirikan pada Agustus 2012 untuk menuangkan hasil belajar dan pengalaman, dalam Dunia Kesehatan, terutama Keperawatan. 



Beberapa blog/ website saya yang lain yang husus membahas tentang  Asuhan keperawatan, Diagnosa keperawatan dan Ilmu kebidanan yaitu :



Septian Nugraha
Tian's Blogspot
Nurse, Blogger, Copywriter,
Rangkasbitung-Banten, West Java
Indonesia.

Followers