Kanker

Saturday, January 5, 2013

Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti, pasalnya tidak jarang penderita penyakit kanker berujung pada kematian. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penderita kanker di dunia setiap tahun bertambah sekitar 6,25 juta orang. Pada umumnya pengobatan kanker yaitu melalui tindakan medis dan therapy lainnya.

Masyarakat awam sering menyebut kanker adalah tumor, padahal tidak semua tumor itu kanker. Tumor adalah benjolan yang terdapat pada bagian tubuh yang sifatnya abnornal atau tidak normal. Tumor sendiri dibagi kedalam dua bagian yaitu tumor jinak dan tumor ganas, kanker adalah istilah yang sering digunakan untuk semua jenis tumor ganas.

Faktor penyebab terjadinya kanker

  • Zat Kimia, seperti zat yang terkandung dalam rokok, asap yang mengandung senyawa karbon sehingga siapa saja yang dalam waktu lama menghisap sekaligus atau terpapar dalam jangka panjang sangat beresiko terkena penyakit kanker paru-paru.
  • Penyinaran, sinar x atau sinar radiasi yang berlebihan juga dapat menimbulkan kanker pada kulit.
  • Hormon, tubuh sendiri menghasilkan hormon yang fungsinya sebagai pengatur alat-alat tubuh dari selaput tertentu, namun pada kasus tertentu pemberian hormon yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kanker misalnya kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat.
  • Makanan, disini makanan yang dimaksud adalah makanan yang mengandung atau terpapar oleh zat kimia berbahaya, sehingga dapat menimbulkan risiko terjadinya kanker.
  • Virus, diduga dapat menyebabkan terjadinya penyakit ini, karena virus berhubungan erat dengan perubahan sel norman menjadi sel kanker. Virus ini disebut virus onkogenik.

Beberapa jenis kanker

  • Kanker Payudara.
  • Kanker Kulit.
  • Kanker Hati.
  • Kanker Paru.
  • Kanker Nasofaring.
  • Kanker Serviks
  • Kanker Usus Besar
  • Kanker Darah (leukimia)

Pencegahan penyakit kanker

Sebagian besar penyakit kanker dapat dicegah sejak usia dini dengan melakukan kebiasaan hidup sehat dan menghindari faktor penyebab penyakit kanker.

  1. Makanan, hindari makanan yang mengandung lemak berlebihan, usahakan banyak makan yang mengandung serat, sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan, hindari juga makanan yang sudah diawetkan terlalu lama dan batasi minuman beralkohol.
  2. Hindari kebiasanaan merokok, bagi pecandu rokok usahakan berhentilah merokok jika sayang terhadap diri anda.
  3. Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual.
  4. Kendalikan stres anda dan upayakan hidup sehat dan seimbang.
  5. Lakukan olah raga yang teratur.
  6. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

Septian Nugraha - Author @ Tian's Blog.

Pekerjaan sehari-hari saya adalah sebagai Nurse di sebuah pelayanan Kesehatan, Rangkasbitung-Banten.

Selain Nurse aktivitas saya adalah Blogging, yang menjadi sebuah hobi saya sehingga saya bisa menuangkan karya tulis berupa artikel kesehatan, tips dan trik, kritik, saran, dan wacana serta bisa membuat saya berkomunikasi dengan para pakar Blogger dan seluruh pembaca pada umumnya secara luas dan tanpa batas. 

Tian's Blog adalah salah satu blog personal saya yang didirikan pada Agustus 2012 untuk menuangkan hasil belajar dan pengalaman, dalam Dunia Kesehatan, terutama Keperawatan. 



Beberapa blog/ website saya yang lain yang husus membahas tentang  Asuhan keperawatan, Diagnosa keperawatan dan Ilmu kebidanan yaitu :



Septian Nugraha
Tian's Blogspot
Nurse, Blogger, Copywriter,
Rangkasbitung-Banten, West Java
Indonesia.

Followers