Tinea Unguium

Tuesday, August 7, 2012


Tinea unguium merupakan kelainan pada kuku yang disebabkan oleh infeksi jamur Dermatofita. Penyebab dari penyakit ini berupa jamur T. mentagrophytes dan T. rubrum yang dapat ditularkan secara langsung maupun tidak langsung. Penyakit ini lebih sering menyerang orang dewasa bersamaan tinea pedis dan tinea manus. Penyakit ini sering menyerang orang yang selalu bersinggungan dengan air kotor. Lingkungan lembab dan basah dapat mempermudah terjangkitnya penyakit ini.

Tanda dan Gejala
Gejala penyakit ini yaitu rusaknya kuku penderita dan perubahan warna kuku menjadi kusam. Terkadang disertai rasa nyeri dan gatal di sekitar kuku. Pada umumnya tinea unguium bersifat kronik dan sukar penyembuhannya. Terutama menyerang kuku kaki dari pada kuku tangan.

Pengobatan
Pengobatan infeksi kuku ini memerlukan kesabaran, pengertian, kerja sama dan kepercayaan antara penderita dan dokter. Kelainan kuku merupakan kelainan yang banyak penyebabnya. Pengobatannya sendiri sulit dan memerlukan waktu relatif lama. Pengobatan secara sistemik dapat dilakukan dengan memberikan griseofulvin 500 mg sehari selama 3-6 bulan untuk kuku jari tangan dan 9-12 bulan untuk jari kaki. Pengobatan intrakonazol atau terbenafin per oral selama 3-6 bulan juga memberikan hasil yang baik. Pengobatan topikal dapat dilakukan dengan memberikan obat topikal sebagai berikut.
  1. Salep whitefield I dan II.
  2. Kompres asam salisilat 5%, asam benzoat 10% dan resolsinol 5% dalam spiritus.
  3. Asam undesilenat dalam bentuk cairan.
  4. Tolnaftat dalam bentuk cairan.
  5. Imidazol dalam bentuk cairan.
  6. Siklopiroksolamin dalam bentuk cairan.

Pencegahan
Untuk pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. Hindari terlalu sering kontak langsung dengan air kotor. Bersihkan tangan dan kaki dengan sabun setelah beraktivitas.
 

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

Septian Nugraha - Author @ Tian's Blog.

Pekerjaan sehari-hari saya adalah sebagai Nurse di sebuah pelayanan Kesehatan, Rangkasbitung-Banten.

Selain Nurse aktivitas saya adalah Blogging, yang menjadi sebuah hobi saya sehingga saya bisa menuangkan karya tulis berupa artikel kesehatan, tips dan trik, kritik, saran, dan wacana serta bisa membuat saya berkomunikasi dengan para pakar Blogger dan seluruh pembaca pada umumnya secara luas dan tanpa batas. 

Tian's Blog adalah salah satu blog personal saya yang didirikan pada Agustus 2012 untuk menuangkan hasil belajar dan pengalaman, dalam Dunia Kesehatan, terutama Keperawatan. 



Beberapa blog/ website saya yang lain yang husus membahas tentang  Asuhan keperawatan, Diagnosa keperawatan dan Ilmu kebidanan yaitu :



Septian Nugraha
Tian's Blogspot
Nurse, Blogger, Copywriter,
Rangkasbitung-Banten, West Java
Indonesia.

Followers