Tips Menghilangkan Jerawat

Friday, November 30, 2012

Tips Menghilangkan Jerawat - Jerawat hem,. mendengar nya saja sudah terbayang, jika wajah cantik dan tampan anda ditumbuhi jerawat. mulai dari sekarang katakan TIDAK dengan masalah jerawat. kali ini saya akan memberikan tips menghilangkan jerawat.

Sebetulnya apa penyebab timbulnya jerawat..? dan bagaimana cara meghilangkan jerawat..?

Jerawat adalah suatu penyakit kulit atau peradangan yang umumnya terjadi pada masa remaja dan dapat sembuh dengan sendirinya. Jerawat sendiri, selain dapat menyebabkan ketidaknyamanan secara fisik dikarenakan adanya nyeri akibat jerawat, serta meninggalkan bekas diwajah, akhirnya cenderung gangguan psikologis seseorang. Menurut dokter masalah jerawat merupakan masalah kompleks dari berbagai faktor, beda hal dengan koreng biasa sekali oles zalf saja langsung kering.

Berikut ini faktor penyebab munculya jerawat.

  1. Produksi minyak berlebihan, kok bisa...! Jelas bisa karena jerawat tidak selalu muncul akibat wajah yang kotor saja, melainkan juga faktor dari dalam tubuh. Akibat adanya gangguan produksi pada kelenjar minyak (Sebaceus gland) sehingga terjadi penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.
  2. Sel-sel kulit mati, apa hubungannya sel kulit mati dengan jerawat? sel-sel kulit yang mati ini ketika bercampur dengan minyak dan kotoran lain yang menempel dikulit, lama kelamaan terjadi penumpukan dan akan menyebabkan bintik hitam pada kulit. Kalau begitu jerawat tidak hanya bisa timbul dimuka saja...? Betul banyak orang beranggapan jerawat hanya bisa timbul dipermukaan wajah saja pada kenyataan nya jerawat bisa timbul dibagian kulit lainnya.
  3. Bakteri, jika bakteri sudah berkembang biak di dalam kelenjar sebaceus yang tersumbat tadi maka akan terjadilah pembengkakan disekitarnya. Hal inilah yang menimbulkan rasa nyeri, atau yang disebut juga dengan jerawat batu pada akhirnya.
  4. Kosmetik, salah satu yang dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori adalah penggunaan kosmetik atau bedak yang mengandung minyak.
  5. Obat-obatan, salah satu obat yang dapat memicu terjadinya jerawat adalah jenis kortikosteroid.
  6. Stres, kenapa kok stres bisa termasuk pemicu terjadinya jerawat..? sebetulnya stres tidak selalu jadi faktor utama timbulnya jerawat, akan tetapi ketika kita dalam kondisi stres ada hormon-hormon tertentu yang menimbulkan terjadinya jerawat.
 
Tips Menghilangkan Jerawat
Kenali dulu faktor mana yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah anda. Secara umum prinsip yang pertama adalah jaga kebersihan kulit.

  1. Jaga kebersihan kulit wajah, jika perlu setiap malam bilas wajah dengan air hangat
  2. Hindari penggunaan kosmetik rias pada saat mau tidur
  3. Jangan pecahkan jerawat 
  4. Gunakan pembersih muka, namun kenali dulu jenis kulit anda karena kebutuhan pembersih kulit berbeda antara kulit normal, kering dan berminyak.
  5. Kendalikan stres
 
Semoga tips ini bermanfaat.. dan jangan lupa di coment ya

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

Septian Nugraha - Author @ Tian's Blog.

Pekerjaan sehari-hari saya adalah sebagai Nurse di sebuah pelayanan Kesehatan, Rangkasbitung-Banten.

Selain Nurse aktivitas saya adalah Blogging, yang menjadi sebuah hobi saya sehingga saya bisa menuangkan karya tulis berupa artikel kesehatan, tips dan trik, kritik, saran, dan wacana serta bisa membuat saya berkomunikasi dengan para pakar Blogger dan seluruh pembaca pada umumnya secara luas dan tanpa batas. 

Tian's Blog adalah salah satu blog personal saya yang didirikan pada Agustus 2012 untuk menuangkan hasil belajar dan pengalaman, dalam Dunia Kesehatan, terutama Keperawatan. 



Beberapa blog/ website saya yang lain yang husus membahas tentang  Asuhan keperawatan, Diagnosa keperawatan dan Ilmu kebidanan yaitu :



Septian Nugraha
Tian's Blogspot
Nurse, Blogger, Copywriter,
Rangkasbitung-Banten, West Java
Indonesia.

Followers