Manfaat Buah Apel

Friday, August 10, 2012


Tahukah anda 7 manfaat dari buah apel, buah apel yang merah merona mengundang imajinasi dan selera banyak orang yang memandangnya. Apel dijuluki buah terlarang yang sensual dan memiliki daya tarik tersendiri. Lebih dari itu, buah ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, berikut manfaat dari buah apel :
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh Konowalchuck pada 1978 mengeluarkan publikasi mengenai efek antivirus dalam minuman sari buah apel. Menurutnya, sari apel sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat berkat konsumsi sari apel itu
  2. Menurunkan kadar kolesterol
    Buah Apel mengandung fitokimia, zat antioksidan yang efektif melawan kolesterol jahat (LDL). Life Science tahun 1999 menulis, selain menurunkan kolesterol jahat, apel juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan pektin dan asam D-glucaric dalam apel sangat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  3. Mencegah penyakit kanker
    National Cancer Institute di AS melaporkan, zat flavonoid dalam apel sudah terbukti dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sampai 50 %. Hasil penelitian dari Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43 %.
  4. Mencegah penyakit jantung dan stroke
    British Medical Journal (1996) mencatat, apel sudah terbukti dapat mencegah serangan penyakit stroke. Hasil penelitian di Finlandia (1996) menunjukkan, orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah.
  5. Menurunkan berat badan
    Sebagai sumber serat yang baik, apel sangat baik untuk saluran pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Apel merupakan buah camilan yang sangat baik untuk orang yang sedang diet karena kadar seratnya tinggi sehingga mencegah rasa lapar datang lebih cepat.
  6. Menjaga kesehatan gigi
    Apel juga mengandung tanin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Tahukah anda menurut Journal of American Dental Association (1998). penyakit gusi itu disebabkan oleh saling menempelnya bakteri pembentuk plak.
  7. Kecantikan Wanita
    Kandungan boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di kala menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, dan osteoporosis.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

About Me

Septian Nugraha - Author @ Tian's Blog.

Pekerjaan sehari-hari saya adalah sebagai Nurse di sebuah pelayanan Kesehatan, Rangkasbitung-Banten.

Selain Nurse aktivitas saya adalah Blogging, yang menjadi sebuah hobi saya sehingga saya bisa menuangkan karya tulis berupa artikel kesehatan, tips dan trik, kritik, saran, dan wacana serta bisa membuat saya berkomunikasi dengan para pakar Blogger dan seluruh pembaca pada umumnya secara luas dan tanpa batas. 

Tian's Blog adalah salah satu blog personal saya yang didirikan pada Agustus 2012 untuk menuangkan hasil belajar dan pengalaman, dalam Dunia Kesehatan, terutama Keperawatan. 



Beberapa blog/ website saya yang lain yang husus membahas tentang  Asuhan keperawatan, Diagnosa keperawatan dan Ilmu kebidanan yaitu :



Septian Nugraha
Tian's Blogspot
Nurse, Blogger, Copywriter,
Rangkasbitung-Banten, West Java
Indonesia.

Followers